Sabtu, 13 Februari 2016

Hasil trip pertama di Merak 10 Feb
Artikel ini merupakan lanjutan reportase popping di Merak yang saya tulis di kompasiana.com, dengan rekan rekan dari maguro fishing team sekaligus salah satu teman angler dari jerman yaitu Andrian Prus ( fb), yang ingin kembali popping di spot popping merak yang masih luar biasa.

GT merak 10 Feb
Trip ini merupakan trip hari kedua yang pada hari sebelumnya tanggal 10 Februari hanya bisa mancing setengah hari hingga jam 12 siang, karena cuaca yang kurang kondusif dan kondisi angin cukup kuat sehingga harus meng akhiri trip dengan 3 sambaran GT dan berhasil landed,

Hasil trip tanggal 10 Feb

Kami berangkat dari dermaga Merak menggunakan kapal kapten Tony, rencana mancing dengan teknik popping, cuaca pagi ini cukup mendung dan berangin, sehingga kapal kami belum bisa keluar dan hanya berlindung di balik pulau terdekat, sambil menunggu cuaca reda.

Setelah 1 jam kami berlindung cuaca terlihat mulai reda saya segera meminta kapten berangkat menuju spot spot popping yang kami rencanakan, tiba di spot pertama tak satupun kami mendapat sambaran meskipun puluhan kali kami menghujani spot dengan popper, tapi hal ini tak sedikitpun membuat semangat kami kendor, apalagi Adrian yang ingin mengulang sukses seperti kemarin,

Selang beberapa saat terlihat dari depan kapal Slamet berteriak "strike" joran melengkung dengan tajam dan di pompa dengan cepat karena ingin segera mengalahkan GT, meskipun ikan melakukan manuver ke kanan dan ke kiri angler ini bisa menguasai keadaan, hingga ikan berhasil landed GT berukurang sedang menjadi koleksi pertama kami di trip ke dua ini.

Slamet dengan GT tangkapanya
Kemudian kapten mengarahkan kapal ke spot selanjutnya tempat yang kemarin Adrian mendapat sambaran, tak jauh berbeda dengan spot sebelumnya, tak satupun GT mau menyambar popper, saya segera memberi kode ke kapten Tony untuk mencoba spot di karang tungku, baru juga saya turun dari dek atas kapal tiba tiba popper Adrian di sambar GT lega rasanya karena usaha kami membuahkan hasil, tapi sayang saat ikan landed ternyata ukurannya tidak sesuai dengan yang kami harap kan.

Adrian Prus
Kemudian kapten Tony mengarahkan kapal menuju spot tungku kurang lebih 1 jam perjalanan dari spot sebelumnya, cuaca cukup bagus saat ini, hingga tanpa terasa kami sudah sampai ke spot yang di tuju, secara bergantian popper kami lempar ke titik titik target, tiba tiba Slamet kembali strike " jebuar" dan tassssss... ikan lepas, setelah di lihat ternyata neklin yang ada di popper putus, dan swivelnya jebul, hingga kami terheran heran, monster GT yang ada dalam pikiran kami,

Fight di kapal Tony
Semangat kami kembali terbakar dan terus menerus melempar popper meski ikan tak lagi menyambar, setelah kami merasa cukup lelah dan waktunya makan siang kapten menurunkan jangkar untuk beristirahat dan makan siang.

Spot sekitar pulau Sanghyang,

Setelah setamina kami mulai pulih kapten melanjutkan popping ke spot di sekitar pulau Sanghyang, di pulau ini banyak spot spot popping dan casting, biasanya target GT, Bluefin travelly, dan MJ, yang merupakan salah satu ikan target casting, kami mulai melempari spot dengan popper secara bergantian, kini ABK kapal yang mendapat strike, belum juga fight dengan seru tiba tiba terdengar suara "Taaaaarrrrr" PE yang di pakai ABK meleduk dan ikan pun berhasil meloloskan diri, kali ini kami belum beruntung hingga beberapa kali pindah spot belum lagi mendapat sambaran,

Tidak tahu lagi ini sudah berapa kali pindah spot dan kami terus melempar popper dengan semangat, tiba tiba popper Slamet kembali di sambar ikan, benar benar angler ini lagi bernasib baik, fight terlihat begitu seru terjadi adu betot hingga ikan pun menyerah dan landed ke atas kapal, terlihat angler ini begitu gembira karena berhasil strike beberapa kali, tinggal saya yang belum mendapat strike. Kemungkinan saya kurang beruntung di trip kali ini,
Slamet yang lagi amis di trip Merak ke 2
Karena hari menjelang sore kapten mengajak kami popping di spot dekat dermaga merak dekat  dengan tempat kapal kapal fery merak lampung bersandar,

Di spot ini Adrian berikutnya yang berhasil strike karena stamina dan kondisi badan terlihat mulai kurang vit, Adrian terlihat begitu kualahan menghadapi tarikan GT, hingga ikan lari membawa line cukup jauh, setelah joran mulai bisa di pompa, Adrianpun terus menghajar ikan tanpa ampun, hingga beberapa saat ikanpun mulai menyerah, dan GT Adrian pun landed dengan ukuran lumayan besar, ini lah target impian Adrian selama ini, Giant Travelly salah satu predator karang yang menjadi kebanggaan sebagian besar pemancing.

GT hasil popping Adrian

Dan di susul budi strike dengan light tackle nya dengan umpan popper 80 gr seekor GT berukuran sedang yang menyelamat kan dia dari boncos pada dua trip kali ini, melihat report yang kami dapat di trip kali ini kami menyimpulkan bahwa spot spot popping di Merak masih cukup luar biasa, dengan frekuensi strike yang cukup bagus,
Hasil trip Merak tanggal 11 feb
Bagi teman pancinger yang ingin mencoba spot spot popping di merak silahkan menghubungi beberapa kapal mancing berikut ini yang bersandar di dermaga merak :

Kapal Mancing Merak

1. Supar : 0813 9912 5795
2. Rudi : 0813 8944 3622
3. Nur : 0818 0746 3335
4. Iwan : 0817 990 8875
5. Jamal : 0818 483 973
6. Wawan : 0815 7450 0420
7. Kapten Aan KM.Indajaya: 081389784202
Dan masih ada beberapa kapal mancing yang belum masuk di list bisa mencari info info baik dari forum atau media sosial.