Minggu, 14 Februari 2016

KAKAP PUTIH dan sebuah pelajaran yang berharga

Kakap putih dan sebuah pelajaran yang berharga

Kakap Putih Tlocor Sidoarjo

Minggu pagi cuaca di kawasan sidoarjo Pasuruan di guyur hujan mulai dini hari hingga pagi, disela pagi yang di selimuti mendung rintik gerimis membuat malas untuk beranjak dari tempat tidur dan melakukan berbagai aktifitas seperti hari hari biasanya, mungkin karena hari ini adalah liburan panjang ( long weekend) sehingga saya tidak harus kejar kejaran dengan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan di tempat saya bekerja.

Tanpa sengaja saya melihat peralatan pancing yang tersusun rapi di sudut ruangan kamar, muncul pikiran untuk mengisi waktu dengan mancing, tanpa buang waktu saya bergegas mandi dan merapikan peralatan yang akan saya pakai untuk memancing , dengan semangat dan perasaan plong segera saya memacu sepeda motor menuju tambak meskipun gerimis masih menghiasi pagi ini,

Desa Tambangan

Jam 10 pagi perjalanku sudah sampai di desa  Tambangan, sebuah desa kecil dengan kondisi alam yang masih cukup asri, sejenak saya berhenti di depan sebuah warung untuk menghangatkan badan dengan segelas kopi dan makan beberapa gorengan, sambil mempersiapkan peralatan memancing, karena spot tambak tidak jauh dari warung,

Setelah selasai minum kopi dan peralatan sudah siap, saya mulai menyisir spot spot tambak di daerah Tlocor Sidoarjo, dengan harapan ada kakap putih besar yang selama ini menjadi buruan ku,

Jalan di parit parit tambak di spot mancing Tlocor Sidoarjo begitu licin setelah semalaman di guyur hujan, hingga beberapa kali saya terpeleset membuat trip kali ini terasa sangat berbeda dengan trip trip sebelumnya, mungkin karena musim hujan baru memasuki awal musim,

Tiba di salah satu tambak yang terlihat begitu banyak ikan menyambar makanan di permukaan, saya segera berhenti dan memulai casting, dengan menggunakan umpan minnow, setelah beberapa kali melempar minnow saya merasakan ada yang menyambar, dan dengan reflek saya sentak joran saya, aaaahh mocel....

Mungkin hook nya sudah mulai tumpul, dengan pelan dan santai saya mengganti hook dengan yang baru agar bisa hook up saat ikan menyambar umpan, setelah selesai saya kembali melempar umpan saya tepat di tempat ikan ikan menyambar makanan di permukaan, setelah beberapa kali lemparan minnow saya di sambar ikan "strikeeee" yihaaaa begitu girangnya hingga ikan kembali meloloskan diri, dan kembali mocel siaaaaal..... celoteh saya dalam hati.

Tanpa patah semangat saya kembali melempar minnow dengan teknik casting, baru juga saya meretrive umpan tiba tiba" jebuaaaar" terdengar keras di tambak sebelah saya, saya pikir ada orang terjatuh ke tambak, setelah saya amati ternyata kakap putih besar sedang menyergap mangsa hingga lompat ke permukaan, membuat konsentrasi saya terpecah dan dada terasa berdetak kencang,

Kini saya merubah arah casting ke tambak di mana tadi terlihat ikan kakap putih besar melompat ke permukaan, benar saja sekali lempar saya langsung mendapat sambaran di tambak ini, "Strikeeeee" saya segera menyentak joran saya tapi ikan tidak melawan, saya berfikir apa saya masih bernasib sama mocel dan mocel lagi... setelah minnow mulai terlihat ternyata hanya ikan kerong kerong kecil yang menyambar minnow saya, jiaaaah bukan ini target saya.....dalam hati.

Ikan kakap putih
Ikan kerong kerong yang menyambar minnow
Saya mengganti minnow dengan warna yang sedikit berbeda karena kondisi air tambak sedikit keruh setelah semalaman di guyur hujan, biasanya kondisi seperti ini kakap putih lebih agresif mengejar umpan,

Spot casting di Tlocor Sidoarjo

Saya arah kan lemparan saya di tempat yang banyak rumput laut karena biasanya kakap putih menjebak targetnya dengan bersembunyi di antara rumput laut di tengah tambak, saya mulai meretrive minnow dengan agak berlahan, tiba tiba munnow saya terasa berat seperti tersangkut, dan saya hentak dengan kuat agar lepas, siaaaalllll...ternyata minnow saya di makan kakap putih, karena hentakan joran saya terlalu kuat hingga kakap putih melompat dan berhasil meloloskan diri, sakit benar benar sakit rasanya sampai kesal saya  tidak bisa saya gambarkan.

Setelah saya amati ternyata treble hook yang saya pakai salah satu mata pancingnya lurus, dan leadernya yang saya pakai banyak luka, mungkin treble hooknya hanya tersangkut pada salah satu sisinya,

Dengan terburu buru saya mengganti leader baru yang membutuhkan waktu beberapa menit dengan perasaan sudah tidak sabar, setelah selesai secepat mungkin saya kembali melempar minnow saya, tapi minnow tidak mau lari ketika saya lempar, setelah saya amati ternyata PE nya tidak masuk beberapa ring guide, ternyata tidak ada sesuatu yang baik jika di lakukan dengan tergesa gesa, dengan perasaan dag dig dug dan tangan sedikit gemetar, saya ulangi semua dengan sabar,

Setelah selesai dan saya amati dengan cermat semua sudah benar, baru saya kembali memulai casting,  lemparan demi lemparan sudah saya lakukan tapi tak satupun ikan menyambar minnow, membuat saya mulai patah semangat dengan segudang penyesalan, sejenak saya beristirahat di pinggir tambak, dengan terus dihantui oleh bayangan kakap putih yang berhasil meloloskan diri dari mata pancing saya,

Saat lagi diam termenung tiba tiba "jebuaaar" kembali terdengar suara kakap putih menyambar mangsa di permukaan tanpa berfikir panjang minnow saya lemparkan tepat di tempat ikan kakap tadi melompat, baru juga minnow saya retrive kakap putih terlihat menyergap dengan minnow dengan ganas "Strikeeeee" darah saya langsung terasa terbakar dengan semangat dan sangat berhati hati saya ladeni pertarunganya, begitu indah melihat kakap putih menari nari di permukaan air, setelah beberapa saat ikan berhasil saya taklukan mulai mendekat dan mendekat ketika reel saya gulung dengan berlahan, hingga terlihat jelas kakap putih buruan saya, saya buat tak berdaya, hingga ikan pun berhasil landed,

Kakap Putih hasil casting Yoe Dy

Alhamdulillah kalimat yang keluar dari mulut saya, karna pada akhirnya kakap putih berhasil saya dapatkan dengan segala jerih payah dan tekad yang tak mengenal putus asa, saya pun bisa pulang dengan perasaan lega, sungguh ini merupakan pelajaran yang berharga bagi saya, karena kesabaran adalah kunci dari sebuah keberhasilan.

Selesai.

Koresponden Media Pancing :
Yoe Dy Cebesaider (facebook)