Senin, 19 Desember 2016

Mancing di Sea Mount Reef Lampung

Mancing di Sea Mount Reef Lampung

Mancing di Sea Mount Reef Lampung
Trip Kaipang FC gosong pasir Sea Mount Reef 19 nov 2016

Sea Mount Reef adalah sebuah gunung karang ditengah laut yang biasanya banyak dihuni ikan berbagai jenis mulai ikan kecil hingga ikan berukuran besar. Gunung karang di wilayah lampung  yang cukup terkenal sebagai salah satu destinasi wisata mancing yaitu SMR lampung. Sebenarnya banyak sekali spot mancing disekitar SMR Lampung antara lain Gosong Pasir, Gosong Signal, Gosong Sendal, Ujung kulon, dan Krakatau. Bahkan untuk saat sekarang jika kondisi cuaca dan arus memungkinkan spot Gosong pasirlah yang menjadi tujuan utama bagi kapal kapal mancing dari Lampung. Kedalaman spotnyapun bervariasi mulai dari 40 meter - 200 meter, dengan target ikan Ruby Snapper, Amber jack, Dogtooth Tuna, Giant Travelly, Mata Bongsang, Oil Fish, Tenggiri, Salem, Kakap Merah, Wakung Sawo dan lain sebagainya.

Mancing di Sea Mount Reef Lampung
Teknik slow pitch jigging di gosong pasir

Untuk menuju spot di SMR atau Gosong Pasir kita bisa menggunakan jasa kapal mancing dari Lampung selatan yang bersandar di PPI Lempasing, diantaranya KM Berdikari 8, KM Berdikari 9, KM Agung Kusuma, KM Singa Laut, dan KM Green Sea. Semua kapal mancing tersebut sudah dilengkapi berbagai Perangkat keselamatan seperti life craft, life jacket, radio komunikasi dan beberapa perangkat keselamatan lainnya. Untuk harga sewanyapun bervariasi mulai dari 16 juta hingga 20 juta untuk trip 3 hari 2 malam.

Mancing di Sea Mount Reef Lampung
Kapal mancing tujuan SMR dan gosong pasir

Selain dari Lampung kita bisa juga menggunakan jasa penyewaan kapal dari Pantai Carita antara lain KM Camar SMR labuan, KM Jagat, KM medalion, KM Harvest atau KM Fajar Dini.

Teknik mancing di spot SMR Lampung dan sekitarnya

Mancing diseputar SMR dan gosong pasir bisa menggunakan beberapa teknik antara lain jigging, cast jig , casting, popping, koncer, atau dasaran, untuk piranti jigging kita bisa menggunakan tackle set jigging antara pe 4-6 dengan metal jig mulai 150gr- 300gr, untuk tackle set cast jig antara PE 1 -3 atau PE 2 - 4 tergantung kenyamanan masing - masing, dengan menggunakan metal jig mulai 60gr- 150gr tergantung kecepatan arus atau bisa juga menggunakan spoon 50 gr keatas. Untuk teknik mancing dasaran bisa menggunakan piranti PE 4 - 6 dengan menggunakan rangkaian 60lb - 80 lb.

Selain jigging atau dasaran kita bisa menerapkan teknik popping atau casting sepanjang pinggiran pulau mulai legundi hingga pulau terakhir sebelum sampai gosong pasir, bisa juga kita menggunakan teknik popping saat di spot gosong pasir yang kedalamannya 40 - 60 meter seperti di spot gosong DF yang terkenal banyak sekali spesies giant travelly yang sering bouling mengejar ikan salem yang naik kepermukaan.

Mancing di Sea Mount Reef Lampung
Popping di gosong pasir

Kalau berangkat melalui anyer kita bisa mencoba popping disekitaran Krakatau atau di Ujung Kulon yang terkenal banyak GT besarnya. Kemudian bisa langsung mencoba spot di panaitan yang terkenal dengan spot ruby snapper dan giant gruper (kerapu).

Mancing di Sea Mount Reef Lampung
Jigging di gosong pasir

Spot mancing di SMR lampung selalu memberi kejutan meskipun hampir setiap minggu ada saja yang berangkat memancing mulai dari 3 bahkan hingga 5 kapal tapi sering kali ikan ikan berukuran besar masih bisa didapatkan.

Mancing di Sea Mount Reef Lampung
Ruby snapper panaitan

Bagi sobat mancing penggila jigging atau cast jig rasanya belum lengkap kalau belum mencoba mancing di Sea Mount Reef Lampung.

Selamat mencoba jangan lupa utamakan keselamatan.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar